Seminar Nasional Pendidikan “ MASIHKAH GURU DIGUGU DAN DITIRU”

foto.penyerahan pelakat oleh rektor dan dekan fkip kepada nara sumber

foto.penyerahan pelakat oleh rektor dan dekan fkip kepada nara sumber

Memasuki abad ke-21 ini, dunia pendidikan dihadapkan kepada berbagai tantangan yang sangat kompleks. Kenyataan tersebut telah melahirkan suatu kesadaran kolektif untuk melakukan inovasi pendidikan baik dari aspek struktural dan kultural. Pengintegrasian pendidikan agama dengan nilai-nilai sosial, budaya, ekonomi, dan politik, diantisipasi dengan cara merevitalisasi kehidupan masyarakat melalui pendidikan berbasis nilai-nilai agama dan budaya tanpa kehilangan hakikat dan makna empiriknya. Keharusan tersebut dapat juga diartikan sebagai jawaban masyarakat modern yang religius terhadap perubahan yang terjadi secara cepat.

Sebagai agen perubahan sosial (agent social of change), system pendidikan modern yang berada dalam atmosfir modernisasi dan globalisasi dewasa ini dituntut mampu memainkan perannya secara dinamis dan proaktif. Kehadirannya diharapkan mampu membawa perubahan dan kontribusi yang berarti bagi perbaikan masyarakat, baik pada tataran intelektual teoritis maupun praktis. Pendidikan hendaknya bukan hanya dilihat sebagai proses penanaman nilai moral untuk membentengi diri dari akses negatif globalisasi, tetapi yang paling penting adalah bagaimana nilai-nilai moral yang telah ditanamkan pendidikan tersebut mampu berperan aktif sebagai kekuatan pembebas (liberating force) dari himpitan kemiskinan, kebodohan, dan keterbelakangan sosial budaya dan ekonomi.

arf

foto. seminar nasional dibuka oleh wakil gubernur

Tujuan utama Pembangunan Nasional Indonesia adalah memajukan kesejahteraan masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Penjabaran konsep dasarnya adalah melindungi dan memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa demi menciptakan ketertiban dunia berdasarkan perdamaian, kemerdekaan abadi dan keadilan sosial.

Bulan Mei merupakan bulan pendidikan yang semestinya menjadi momentum penting oleh seluruh rakyat Indonesia apalagi bagi generasi penerus bangsa. Melalui pendidikan, kita semua dapat melangkah untuk membangun negara kita Indonesia. Kita dapat memajukan negara kita disegala bidang sehingga tidak ketinggalan dengan negara lain.

 

ariff

foto. diskusi bersama bapak Arif Rahman dan Bapak Dani Hamdani

Para pejuang bangsa dapat merebut kemerdekaan dari tangan penjajah karena pendidikan dan pengetahuan yang mereka punya. Rasa bangga dan penghargaan yang tinggi terhadap jasa para pejuang memotivasi setiap rakyat terutama generasi muda untuk memperjuangkan cita-cita luhur bangsa Indonesia.

Oleh karena itu, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Dehasen  bermaksud untuk melakukan kegiatan Seminar Nasional Pendidikan dengan Tema“ Masihkah Guru Digugu Dan Ditiru”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Powered by Dragonballsuper Youtube Download animeshow